Kamis, 05 Januari 2012

Apa Iya Air Putih Itu Sehat


Orang yang biasa minum air putih cenderung akan memiliki jantung yang sehat. Tetapi memang, kalau minum air putih jangan diselingi minuman lainnya karena justru akan membahayakan jantung mereka. Lalu, sebaiknya berapa banyak air yang harus diminum? Anda ingin terhindar dari serangan jantung? Minumlah air sebanyak mungkin, dan kurangi yang lainnya. Begitulah yang dikatakan para peneliti.
Para peneliti di Universitas Linda Loma di California menemukan bahwa orang yang sedikitnya minum lima gelas air putih sehari akan berkurang kemungkinan meninggal karena serangan jantung dibanding mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air per hari. Sebaliknya, mereka yang minum banyak cairan lainnya kemungkinan akan meninggal karena serangan jantung dibandingkan mereka yang jarang minum. Bahkan wanita yang jarang minum selain air putih akan dua kali lipat risikonya menuju kematian.
Hasil ini berdasarkan survei gaya hidup yang dikirimkan pada orang yang tinggal di California di tahun 1976. Analisa ini datang dari 8.280 pria dan 12.017 wanita yang berusia 38 tahun atau lebih di tahun 1976. Penulis penelitian yang dipimpin Dr. Jacqueline Chan, mengikuti partisipan selama enam tahun dan mencatat tingkat penyakit jantung koroner mereka. Sebanyak 246 responden meninggal karena penyakit jantung selama pengamatan itu.
Chan dan timnya menemukan bahwa wanita yang minum lebih dari lima kali delapan ons gelas air setiap hari akan 41% lebih rendah meninggal karena serangan jantung selama penelitian dibandingkan mereka yang minum kurang dari dua gelas air per hari. Bagi pria yang minum air lebih banyak, maka risikonya menurun hingga 54%. Tetapi kalau dilihat dari minuman yang lain, seperti kopi, teh, jus, susu dan alkohol, maka risikonya kebalikannya. Wanita yang mengkonsumsi lebih dari dua kali akan mempunyai risiko serangan jantung yang lebih tinggi. Para peminum selain air putih di kalangan pria terkait dengan peningkatan 46% risiko kematian karena serangan jantung.
Menurut Chan, kalau orang minum air putih, maka akan terserap dalam darah, dan mengurangi terjadinya penebalan di darah. Hal ini akan mengurangi pembekuan darah yang mengakibatkan serangan jantung. Sedangkan cairan lainnya justru dapat mempertebal darah, karena dengan maksud untuk mencerna, mereka butuh untuk memasukkan konsentrasi partikel yang sama pada darah. Jika ingin dicerna, makan cairan perlu dicairkan, dan air ditarik ke dalam usus dari darah. Itulah sebabnya di aliran darah tidak terjadi kelancaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar